JURnaL Celebes. Tiga petani di Kabupaten Soppeng menggugat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dan Menteri Keuangan melalui permohonan pra-peradilan di Pengadilan Negeri Watamsoppeng,  Provinsi Sulawesi Selatan. Tindakan ini dilakukan karena menilai penahanan mereka yang kemudian terbukti tidak bersalah, berdampak pada kerugian materiil dan non materiil.

JURnaL Celebes. Jaringan Pemantau Independen Kehutanan (JPIK) sejak Oktober  2019 sampai Juni 2020 menguji pelaksanaan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) melalui serangkaian analisis rantai pasok bahan baku industri primer. Hasilnya, JPIK menemukan masih maraknya praktik pembalakan liar (illegal logging) dan peredaran kayu dari hulu sampai hilir di delapan provinsi di Sumatra, Kalimantan dan Jawa.

JURnaL Celebes. Masyarakat adat yang tanahnya dirampas negara untuk perusahaan kelapa sawit menjadi buruh dan petani. Masyarakat adat yang kehilangan kedaulatan wilayah dan tanah adat, bernasib seperti masyarakat kota, karena kelapa sawit tidak memiliki daya tahan menghadapi krisis pangan di masa pandemi.

JURnaL Celebes. Perkumpulan Wallacea mendesak Balai Penegakkan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum KLHK) Wilayah Sulawesi agar mengusut kegiatan tambang liar di Siguntu. Kegiatan di Kelurahan Latuppa, Kecamatan Mungkajang, Kota Palopo, Sulawesi Selatan ini akan merusak lingkungan dan mengancam sumber air bagi masyarakat Palopo. 

JURnaL Celebes. Curah hujan terus-menerus menyebabkan Kota Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan belum lepas dari banjir. Hujan sepanjang hari pada Selasa (04/08/2020) menyebabkan meluapnya air  Sungai Masamba yang mengalir ke tengah ibukota Luwu Utara itu mulai sekitar pukul 18:00 Wita.